Minggu, 20 Oktober 2013

Tenaga eksogen: Erosi (Pengikisan)



Erosi (Pengikisan)
Erosi adalah salah satu akibat dari tenaga eksogen.
Erosi adalah proses pengikisan permukaan bumi oleh tenaga yang melibatkan pengangkatan benda2 seperti air, es, angin, dan gelombang arus.
Macam2 jenis erosi, yaitu :
1). Erosi Air
Air yang mengangkut batu2an yang hancur mempunyai kekuatan mengikis lebih besar. Peristiwa gesekan pada erosi air tergantung pada : kecepatan gerak, daya angkut air, dan keaadan permukaan.
2). Abrasi, adalah pengikisan batuan yang disebabkan oleh pengerjaan air laut. Besar  kecilnya gelombang atau kecepatan angin, dapat menimbulkan perubahan bentuk di sepanjang pantai disebut abrasi platform.
3). Gletser, yaitu pegikisan yang disebabkan oleh pengerjaan es . pengikisan oleh es disebut juga glacial/eksarasi. Di daerah pegunungan yang tinggi sering terdapat salju abadi atau es. Es bergerak turun melalui lereng dan mengikis dasar lereng gunung serta mendorongnya ke lembah.

4). Korasi, yaitu pengikisan yang disebabkan oleh pengerjaan angin.
 Erosi yang disebabkan oleh tenaga air, misalnya :
1). Erosi percikan, yaitu erosi yang disebabkan  oleh tetesan air hujan yang memecahkan butir-butir tanah.
2). Erosi lembar, yaitu pengikisan dan pengangkutan lapisan tanah permukaan, yang disebabkan oleh aliran air di permukaan tanah.
3). Erosi Alur, yaitu pengikisan lapisan tanah yang sudah membentuk alur-alur dengan lebar < 40 cm dan kedalaman < 25 cm.
4).Erosi Parit, yaitu pengikisan lapisan tanah yang mebentuk alur-alur yang lebih besar,sehingga sering disebut parit m ukuran lebar > 40 cm dan kedalaman > 25 cm. Erosi tebing sungai, yaitu  aliran air  sungai mengikis tebing sungai.

0 komentar:

Posting Komentar