Sabtu, 21 Februari 2015

George Herbert Mead (Taking Role)

Mead: Tahapan Perkembangan Diri


Di dalam buku Mind, Self, and Society, Mead menjelaskan tahap pengembangan diri (self) manusia. Ketika anak manusia lahir, dia belum memiliki diri. Diri manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan orang lain. Pengembangan diri manusia berlangsung melalui beberapa tahap, yaitu tahap prepatory atau tahap play stage, tahap pertandingan (game stage), dan tahap the generalized other.
Pada tahap perkembangan awal anak, yaitu tahap preparatory atau tahap play stage, seorang anak belajar mengambil perspektif orang lain, yang dianggap sesuai dengan kebutuhan hidupnya, dan melihat dirinya sebagai objek. Misalnya seorang anak sedang mengenakan pakaian seragam kerja, seolah-olah ia adalah ayah yang sedang memakai pakaian seragam kerja. Dia mengenakan pakaian seragam polisi lalu lintas ayahnya dengan segala aksesorisnya. Dengan meniup peluit tangannya bergerak member tanda berhenti, jalan, dan hati-hati, seolah-olah dia sedang dinas mengatur lalu-lintas seperti ayahnya yang dilihatnya beberapa kali saat mengatur lalu-lintas di suatu persimpangan jalan besar di kotanya. Pada tahap ini si anak belum memahami sepenuhnya isi peran yang ditirunya ini.
Pada perkembangan lanjut anak, yaitu tahap pertandingan (game stage) seorang anak tidak hanya mengetahui peran yang dimainkannya, melainkan juga peran yang harus dimainkan orang lain dengan siapa dia melakukan interaksi. Dalam suatu pertandingan, misalnya, anak mengetahui apa yang diharapkan oleh orang lain dari dia, juga mengerti apa yang diharapkan dari orang lain yang ikut bermain dalam suatu pertandingan. Dalam proses ini terjadi proses pengambilan peran (role taking), di mana seseorang mempertimbangkan atau mengantisipasi peran orang lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan atau sering muncul dalam hidupnya, dikenal dengan significant other.

Selanjutnya, perkembangan berikutnya adalah anak mampu mengontrol perilakunya sendiri menurut peran umum yang bersifat impersonal, yang di dalamnya terdapat harapan dan standart komunitas (masyarakat keseluruhan) berupa kebiasaan, pola normative atau ideal yang abstrak, atau nilai universal, dikenal dengan the generalized other. Pada tahap ini seorang tidak hanya memahami peran yang harus dijalankannya, tetapi juga dia telah mengetahui peran yang harus dijalankan oleh orang lain dengan siapa dia berinteraksi. Misalnya, ketika seorang anak pergi ke sekolah, dia telah mengetahui peran apa yang dimainkan oleh dirinya ketika dia berhadapan dengan teman-teman sekelas, kakak-kakak atau adik-adik lain kelas, guru kelas, guru lainnya, kepala sekolah, penjaga sekolah, atau petugas keamanan. Selain itu, dia mengetahui harus bersikap dan berperilaku seperti apa, misalnya bagaimana berbusana yang dikaitkan warna, bahan, dan modelnya, atau bagaimana menuturkan kata sesuai dengan orang yang dihadapi.

1 komentar:

  1. Hard Rock Casino | DMC
    Enjoy our 경기도 출장안마 full line of games and experience all day long at our Hard Rock Casino. Enjoy 남원 출장샵 your favorite Hard Rock games at 보령 출장안마 our restaurants, What is a Hard Rock Casino?Where is 밀양 출장샵 Hard Rock 서산 출장안마 Casino located?

    BalasHapus