Mead:
Tahapan Perkembangan Diri
Di
dalam buku Mind, Self, and Society, Mead menjelaskan tahap pengembangan diri
(self) manusia. Ketika anak manusia lahir, dia belum memiliki diri. Diri
manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan orang lain. Pengembangan
diri manusia berlangsung melalui beberapa tahap, yaitu tahap prepatory
atau tahap play stage, tahap pertandingan (game stage), dan tahap
the generalized other.
Pada
tahap perkembangan awal anak, yaitu tahap preparatory atau tahap play
stage, seorang anak belajar mengambil perspektif orang lain, yang dianggap
sesuai dengan kebutuhan hidupnya, dan melihat dirinya sebagai objek. Misalnya
seorang anak sedang mengenakan pakaian seragam kerja, seolah-olah ia adalah
ayah yang sedang memakai pakaian seragam kerja. Dia mengenakan pakaian seragam
polisi lalu lintas ayahnya dengan segala aksesorisnya. Dengan meniup peluit
tangannya bergerak member tanda berhenti, jalan, dan hati-hati, seolah-olah dia
sedang dinas mengatur lalu-lintas seperti ayahnya yang dilihatnya beberapa kali
saat mengatur lalu-lintas di suatu persimpangan jalan besar di kotanya. Pada
tahap ini si anak belum memahami sepenuhnya isi peran yang ditirunya ini.
Pada
perkembangan lanjut anak, yaitu tahap pertandingan (game stage) seorang
anak tidak hanya mengetahui peran yang dimainkannya, melainkan juga peran yang
harus dimainkan orang lain dengan siapa dia melakukan interaksi. Dalam suatu
pertandingan, misalnya, anak mengetahui apa yang diharapkan oleh orang lain
dari dia, juga mengerti apa yang diharapkan dari orang lain yang ikut bermain
dalam suatu pertandingan. Dalam proses ini terjadi proses pengambilan peran (role
taking), di mana seseorang mempertimbangkan atau mengantisipasi peran orang
lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan atau sering muncul dalam hidupnya,
dikenal dengan significant other.
Selanjutnya,
perkembangan berikutnya adalah anak mampu mengontrol perilakunya sendiri
menurut peran umum yang bersifat impersonal, yang di dalamnya terdapat harapan
dan standart komunitas (masyarakat keseluruhan) berupa kebiasaan, pola
normative atau ideal yang abstrak, atau nilai universal, dikenal dengan the
generalized other. Pada tahap ini seorang tidak hanya memahami peran yang
harus dijalankannya, tetapi juga dia telah mengetahui peran yang harus
dijalankan oleh orang lain dengan siapa dia berinteraksi. Misalnya, ketika
seorang anak pergi ke sekolah, dia telah mengetahui peran apa yang dimainkan
oleh dirinya ketika dia berhadapan dengan teman-teman sekelas, kakak-kakak atau
adik-adik lain kelas, guru kelas, guru lainnya, kepala sekolah, penjaga
sekolah, atau petugas keamanan. Selain itu, dia mengetahui harus bersikap dan
berperilaku seperti apa, misalnya bagaimana berbusana yang dikaitkan warna,
bahan, dan modelnya, atau bagaimana menuturkan kata sesuai dengan orang yang
dihadapi.
Hard Rock Casino | DMC
BalasHapusEnjoy our 경기도 출장안마 full line of games and experience all day long at our Hard Rock Casino. Enjoy 남원 출장샵 your favorite Hard Rock games at 보령 출장안마 our restaurants, What is a Hard Rock Casino?Where is 밀양 출장샵 Hard Rock 서산 출장안마 Casino located?